Pengalamanku mengurus Perpanjangan SIM di Pasar Segar Depok II

Halo Sobat sitakom, sudah lama saya tidak menulis di blog saya karena banyak tugas yang masih menumpuk, saya ingin sharing terkait prosedur serta kelengkapan apa saja yang diperlukan untuk mengurus perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) di SATPAS Pasar Segar Depok Sukmajaya.


Hari Rabu Tanggal 9 Oktober 2020 jam 07.30 Pagi saya bersiap-siap untuk pergi ke Pelayanan SIM SATPAS pasar segar depok, kurang lebih kelengkapan yang saya bawa adalah:

  1. Fotocopy KTP : 1 Lembar
  2. SIM Asli Lama : 1 Kartu
  3. Alat Tulis (Penting).
singkat cerita, saya menuju ke pasar segar sampai jam 08.10 Pagi, masuk ke pasar segar ambil karcis parkir di loket parkir di pintu masuk, penjaga loket akan meminta uang parkir sebesar Rp. 3.000 (Tiga Ribu Rupiah).


Selanjutnya saya menuju ke parkiran motor di sebelah kiri, disini akan ada banyak calo yang menunggu anda, sejujurnya saya kira mereka adalah salah 1 karyawan dari pengelola parkir yang mengarahkan parkiran, ternyata bukan dan anda akan ditanyakan sama orang tadi kurang lebih seperti ini (mau ngurus apa mas?) jawab saja perpanjang SIM, nanti diarahkan sama orang tadi.

jika anda menjawab mau bikin SIM baru atau masa berlaku SIM telah habis/kadaluarsa, biasanya orang tersebut menawarkan jasa untuk membuat SIM baru, untuk nominalnya variatif, (mungkin yang comment bisa sharing pengalamannya dikasih harga berapa).


Setelah dari parkiran, anda akan disambut oleh pak polisi yang berjaga di depan, seperti nya beliau adalah bagian informasi, selanjutnya akan di arahkan masuk ke dalam (kira-kira yang saya beri arah panah pada gambar dibawah.) untuk memberikan berkas sekaligus menyerahkan dana sebesar Rp. 140.000,- (Seratus Empat Puluh Ribu Rupiah).

*Penting: pada jam-jam atau hari-hari tertentu anda akan mendapatkan petugas/oknum yang menawarkan 2 opsi, yang 1 jalur cepat, yang 1 jalur biasa.
  1. Jalur cepat : Rp. 200.000,- (SIM C)
  2. Jalur biasa : Rp. 140.000,- (SIM C)
perbedaannya hanyalah pada bagian prosesnya yang dipercepat, namun yang saya lihat dan rasakan kemarin waktu mengurus ini melalui jalur biasa lancar-lancar saja, akan tetapi pada hari berikutnya tanggal 10 September 2020 saya meminta istri untuk mengurus sendiri (karena kami memiliki anak yang tidak bisa ditinggal terlebih masih resiko untuk mengajak anak keluar pada kondisi pandemi seperti sekarang ini), pada waktu tahap penyerahan berkas dan loket pembayaran, istri saya langsung diminta untuk membayar sebesar Rp. 200.000,- untungnya sebelum berangkat sudah saya beri arahan dan uang yang saya titipkan juga pas Rp. 150.000,-  jadi ada alasan untuk membayar hanya Rp. 140.000,- saja.

Anda akan diminta untuk menunggu di bagian depan menunggu panggilan untuk melaksanakan foto.

Selanjutnya, setelah anda diminta untuk menunggu di bagian depan pasar segar, anda akan dipanggil untuk melakukan sesi foto, ttd dan cap jempol digital, antrian disini juga tidak banyak, setelah melaksanakan foto, anda akan diarahkan ke tahap akhir, yaitu pengambilan sim.
Setelah melaksanakan foto anda akan di arahkan oleh petugas foto ke ruang tunggu untuk mengambil sim, seperti pada gambar berikut, setelah anda menunggu kurang lebih 10 menit, petugas akan memanggil nama anda untuk mengambil sim.
akhirnya yang ditunggu-tunggu, saya bisa mendapatkan sim saya dengan kartu model baru, yeay. 


Kesimpulan:
Bagi anda yang ingin mengurus perpanjangan sim usahakan untuk datang lebih awal 1 jam atau 30 menit sebelum jam 08.00, karena jika anda datang jam 08.00 antreannya pasti sudah banyak, untuk opsi pembayaran perpanjangan SIM C anda bisa menggunakan opsi yang biasa saja atau cukup mengeluarkan biaya Rp. 140.000,-, karena prosesnya juga tidak memakan waktu yang lama (hanya permainan oknum saja ini), untuk prosesnya kurang lebih ada 4 tahapan.
  1. Penyerahan berkas awal sekaligus pembayaran.
  2. Isi Formulir  (penyerahan berkas untuk melaksanakan foto, dll)
  3. Melaksanakan foto, dll
  4. Pengambilan kartu SIM.
*Update 11/09/2020: Anda juga bisa mengurus perpanjangan SIM A dan C di SIM Keliling, berikut jadwal terbarunya:


jika ada yang punya pengalaman pada saat mengurus perpanjangan SIM A bisa comment di bawah, in Syaa Allah akan saya update terus.

bagi anda yang memiliki pengalaman lainnya pada saat mengurus administrasi di sektor-sektor pelayanan publik pemerintah bisa menghubungi kami, insya Allah akan kami publish dan bisa menjadi amal jariyah bagi kita agar yang tahu dapat terhindar dari praktek suap menyuap bagi oknum.


Pengalamanku mengurus Perpanjangan SIM di Pasar Segar Depok II Pengalamanku mengurus Perpanjangan SIM di Pasar Segar Depok II Reviewed by Sitakom Blog on 11:11 AM Rating: 5

No comments: