Write Up Online CTF FIT Competition UKSW 2016 Tahap Pertama - Stegano [Bunglon]

Write Up Online CTF FIT Competition UKSW 2016 Tahap Pertama - Stegano [Bunglon]


Soal : https://www.dropbox.com/s/eboarcvnbpo199w/UKSW.jpg?dl=0 Clue : Bunglon Format Flag : FIT2016{[A-z]}

Flag : FIT2016{K2I}


PoC (Proof of Concept): 

1.    Pada soal kali ini peserta diberikan file steganography, yang mana ada pesan tersembunyi yang telah disisipkan pada file JPG yang diberikan.

2.    Analisa yang kami lakukan adalah melakukan pencocokan clue dengan tools, jika pada clue ini yang disebutkan adalah bunglon, berarti bunglon adalah hewan yang sering mengubah warna tubuhnya menjadi warna yang sesuai dengan warna apa yang ditempati oleh bunglon. Jadi kami menyimpulkan tools yang digunakan adalah camouflage.

3.    Tidak ada tambahan clue disini. kami mencoba menggunakan default user dan password yang umum digunakan, dan didapatkan passwordnya adalah admin. Extract file tersembunyi yang terdapat pada file tersebut menggunakan camouflage.



4.    Setelah terbuka file tersembunyi yang terdapat pada file gambar.jpg tersebut, terdapat ada 2 file seperti dibawah ini.



ukswWarna.jpg
File original yang belum disisipi file steganography dari soal
S3JpNWlzS3IzYVRpZkluMHZhdDFm.jpg

File yang telah disisipi ke dalam file ukswWarna.jpg


5.    Ada yang menarik dari file rename dari file S3JpNWlzS3IzYVRpZkluMHZhdDFm.jpg, jika filename tersebut di decode maka akan menghasilkan ASCII Kri5isKr3aTifIn0vat1f, akan tetapi pada saat disubmit ternyata bukan itu flag.


6.    Kami mencoba guessing Flag dengan beberapa clue yang kami kumpulkan, dan didapatkanlah Flag dari gambar S3JpNWlzS3IzYVRpZkluMHZhdDFm.jpg dikarenakan hanya K2I yang di beri warna merah.

Write Up Online CTF FIT Competition UKSW 2016 Tahap Pertama - Stegano [Bunglon] Write Up Online CTF FIT Competition UKSW 2016 Tahap Pertama - Stegano [Bunglon] Reviewed by Sitakom Blog on 10:59 AM Rating: 5

No comments: