Mengakses Samba Server dengan Mounting

Mounting samba sharing via konsole
salam..
Akhirnya ada mood lagi buat posting.. setelah lama vakum sampai pageranknya pun ilang... hisk..... :((
ya ude ga apalah pagerank ilang.. ayoo semangatt...

Oke guys *gaya vj mtv* kali ini saya akan membahas mounting samba file sharing secara manual.. a.k.a via konsole. materi ini terinspirasi dari kasus temen saya *sebut saja kumbang* :P si kumbang ini pengen menyalin (copy) file dari server osnya centos 5.0 no desktop, dan client yang ingin diakses dari windos. Pada kasus ini sharing dari server centos ga bisa diakses dari wondows, maka jalan satu"nya *taunya cman satu* caranya yaitu mengakses direktory windows dari server centosna kemudian mengcopikan filenya..



Pertanyaanya satu bagaimana cara mengakses file share dari konsole (devil). Seperti biasa guling-guling dulu.. *googling maksutnyah* :P dan ketemulah beberapa cara. Tapi cara yang sudah saya coba menggunakan mounting. berikut baris perintahnya..

# mount -t smbfs //hostname/folder_share /target_mounting/ -o sec=none,rw,file_mode=0777,dir_mode=0777

Keterangan :
Pastikan anda masuk sebagai root :D
mount -t smbfs : Command untuk mounting file samba, untuk distro selain debian menggunaan mount -t cifs
//hostname/folder_share : source atau komputer yang akan dimount.. hostname bisa diganti menggunakan alamat ip address.
/target_mounting/ : Target mounting
sec=none : Tanpa security artinya file yang dishare tidak terproteksi oleh username dan password. jika terproteksi baris tersebut bisa diganti menjadi username = username_samba, password= password_samba
file_mode=0777,dir_mode=0777 : perintah untuk memastikan bahwa folder atau file yang dibuat pada hasil mount bisa diakses dengan modus read dan write.


setelah dimount tinggal di copy paste aja isi filenya.. :D horeeeyy...

semoga bermanfaat
Bilal Fesbuk
Mengakses Samba Server dengan Mounting Mengakses Samba Server dengan Mounting Reviewed by Sitakom Blog on 6:36 PM Rating: 5

No comments: