Steganography Using Kali Linux (Steghide)

Steganography Menggunakan Steghide di Kali Linux

Pernah berfikir buat ngumpetin data ke gambar atau audio? atau ngumpetin video ke gambar?. Nah ini tujuan ane share Steganography. Sebelum ane kasih liat ente caranya ane bahas dulu apa itu Steganography, kali-kali aja ada yang belum tahu.

Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Sebaliknya, kriptografi menyamarkan arti dari suatu pesan, tapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan. Kata "steganografi" berasal dari bahasa Yunani steganos, yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein, “menulis”.

Untuk penjelasan Steganografi bisa baca sendiri disini.

Kalo pake Kali Linux sangat mudah soal kayak gini. Yang kita butuhin tool yang namanya Steghide. Tools ini terdapat beberapa opsi penggunaan, diantaranya
- ef (embedfile)
- cf (coverfile)
- sf (stegofile)
Oke mari merapat mas bero..
Pertama install dulu steghidenya.
bagi pengguna windows juga bisa mencobanya tinggal download dari situs resminya disini
root@kali:~# apt-get install steghide
Ane kasih penampakan waktu install mas bero. (ternyata ane udah nginstall.. wkwkkw)
klo ente baru nginstall Tunggu sampai kelar. Kalo udah kelar tinggal siapin file yang mau disembunyiin sama file yang buat nyembunyiin. Ane mau nyembunyiin file txt ke dalam file gambar.

Bisa dilihat ane mau ngumpetin "pesanstego.txt" yang isinya "steganografitest" yang ane buat ke dalam gambar huawei.jpg yang ane taroh di /root/Desktop/. Sekarang tinggal masukin dah ke gambar. Coret-coret terminal ente pake:
root@kali:~# steghide embed -ef pesanstego.txt -cf huawei.jpg
Langsung aja enter. Liat penampakan dibawah ini kita disuruh masukin password. Ingat masukin password yang tadi udah dibuat.
Kalo berhasil maka akan muncul tulisan done. Selesai sampai disini, sekarang bagaimana cara liat file pesanstego.txt yang berisi steganografitest tadi udah dimasukin ke huawei.jpg?.
Untuk melakukannya tinggal coret-coret terminal ente pake.
root@kali:~# steghide extract -sf huawei.jpg
hasilnya nanti akan seperti ini :
Selesai dah. Semoga bermanfaat, jangan disalahgunakan buat ngumpetin file-file yang aneh-aneh ya mas bero. Inget dosa mas bero. Ahahaha... Sekian tutorial ane kali ini, semoga bermanfaat dan berkah. Amin.

Sumber : darisini
Steganography Using Kali Linux (Steghide) Steganography Using Kali Linux (Steghide) Reviewed by Sitakom Blog on 3:59 PM Rating: 5

No comments: