Organisasi & Arsitektur Komputer | Perkembangan revolusi Komputer dari ENIAC ke Microprocessor

1. Perkembangan Generasi Pertama (thn 1944-1959)

Gambar di samping adalah gambar tabung hampa udara yaitu sebuah komputer generasi pertama yang di gunakan sebagai penguat sinyal, sejarahnya tabung hampa udara ini (vacum-tube) pertama di gunakan sebagai penguat sinyal dan bahan bakunya terbuat dari kaca yang banyak mempunyai kelemahan

seperti : gampang pecah, dan gampang menyalurkan panas, nah dan adanya komputer ini gk mungkin kan yang bahan bakunya kaca yang gampang panas di gunakan trus, lalu ada tambahan nya untuk mengurangi panas tersebut adanya pendingin yaitu komponen tambahan yang di gunakan sebagai pendingin dan waktu itu karena adanya komponen tambahan seperti itu maka tambah berat lah komputer pada waktu itu dan mahal lagi.

Pada tahun 1946, komputer di dunia yang pertama adalah ENIAC dan sudah selesai dibuat. Pada komputer tersebut ada 18.800 tabung hampa udara dan memiliki berat bobot 30 ton. karena ukurannya yang besar, maka komputer ini harus menggunakan ruangan yang agak besar.

Pada gambar di atas keliahatan komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai berat bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 Kw.

cara mengontrol ENIAC dengan cara mengubah kabel-kabel yang ada di dalamnya.

nah perintah komputernya itu di simpan pada (punch card).


2. Perkembangan Generasi Ke -2(thn 1960-1964)

nah selanjut nya sudah mulai bagus kualitasnya tapi masih ada yang kurang,

Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri dari tiga lapis, yaitu: 'basic', 'collector' dan 'emmiter'. Transistor adalah singkatan dari Transfer Resistor, yang artinya dengan cara mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat juga dipengaruhi.

Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. karena komponennya padat, tansistor mempunyai banyak mempunyai kelebihan seperti : tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas(seperti tabung hampa udara pada generasi pertama). dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.

Pada tahun 1960 - an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran.

seperti : IBM - 7090, IBM Seri 1400, NCR Seri 304, MARK IV dan Honeywell Modell 800.


3. Perkembangan Generasi Ke - 3 (thn 1964-1975)

Komputer Generasi ke 3 ini di bangun menggunakan IC (integrated Circuit). CPU(wafer packaged chip gate) dan sudah di terapkan microprogramming.

contoh komputer pertama yaitu komputer yang di keluar kan oleh IBM, S-360 yaitu komputer pertama yang mengunakan IC dan di perkenalkan pada tahun 1964.


4. Perkembangan Generasi Ke - 4 (thn 1975-Sekarang)

Ciri-ciri dari komputer ini adalah microprocessor dan semi komduktor yang merupakan pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah Chip yaitu LSI (Large Scale Integration)

dan bentuknya sudah semakin kecil dan kemampuannya yang semakin meningkat dan harganya juga sudah lumayan murah untuk kebutuhan kerja.

Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal. pada tahun 1971 lalu Intel Corporation mengembangkan microprocessor pertama seri 4004.

Contoh dari generasi ke 4 ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada sircuit board komputer. lalu muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorolla 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standart.


5. Generasi Ke - 5 (Sekarang - Masa depan)

Nah di generasi ini sudah mulai meningkat kualiasnya dan mudah di bawa2,

dan pada generasi ini juga di tandai dengan munculnya LSI(Large Scale Integration) yang berkembang menjadi VLSI yang merupakan pemadatan ribuan microprocessorr dan semi conductor.

Teknologi yang di gunakan yaitu 90 nm(nanometer)-65nm-45nm.

contohnya yaitu Pentium 4, AMD Athlon/Sempron, Intel Dual Core.
Organisasi & Arsitektur Komputer | Perkembangan revolusi Komputer dari ENIAC ke Microprocessor Organisasi & Arsitektur Komputer | Perkembangan revolusi Komputer dari ENIAC ke Microprocessor Reviewed by Sitakom Blog on 6:32 AM Rating: 5

No comments: