Mengatasi ActiveSync yang bermasalah


ActiveSync merupakan tool standar yang harus dimiliki oleh Pocket PC. Semua pengguna Pocket PC pasti menggunakan software bawaan ini untuk melakukan sinkronisasi. Namun, ActiveSync ini kadang memiliki beberapa kelemahan yang cukup mengganggu.

Pada beberapa kasus, ActiveSync ini kadang menolak untuk melakukan sinkronisasi dan Anda harus melakukan soft reset pada Pocket PC dan reset pada PC Anda. Ini tentu bukan hal yang menyenangkan. Proses soft reset pada Pocket PC memang tidak terlalu lama, tetapi proses reset di PC kadang memakan waktu. Kelemahan lainnya, ActiveSync ini tidak bisa “dimatikan”. Jika Anda meng-klik icon “X” di pojok kanan atas, maka ActiveSync hanya akan di-minimize, bukan di-close.

Padahal, ketika ActiveSync gagal melakukan sinkronisasi, maka ia harus di-restart (atau me-restart PC). Memang, Anda bisa saja me-restart PC Anda, namun cara ini tentu tidak efektif dan memakan waktu. CHIP menemukan solusi yang lebih praktis dan cepat, terutama untuk pengguna Windows 2000 ke atas.

Caranya adalah dengan menggunakan bantuan Task Manager bawaan Windows 2000 ke atas tersebut. Tekan tombol “Ctrl | Alt | Del” dan pilih “Task Manager”. Pilih tabmenu “Processes” dan cari nama “WCESCOMM.EXE”. Ini adalah nama service yang sedang berjalan sebagai ActiveSync. Klik kanan pada service tersebut dan pilih “End Process”. Jika Windows meminta konfirmasi, pilih saja “Yes” untuk memaksa Windows untuk “mematikan” ActiveSync. Setelah selesai, soft reset Pocket PC Anda dan panggil kembali Active- Sync. Seharusnya, Anda bisa melakukan sinkronisasi tanpa masalah
Mengatasi ActiveSync yang bermasalah Mengatasi ActiveSync yang bermasalah Reviewed by Sitakom Blog on 4:01 PM Rating: 5

No comments: