Cara Mudah Tweaking Ubuntu


Walaupun Ubuntu sudah dengan paket yang sangat membantu Anda mengubah pengaturan default dan menyesuaikan distro sendiri, namun beberapa pengaturan memerlukan tweaking untuk lebih lanjut ke dalam sistem. Dan jika anda tidak hati2, mungkin akan membuat mess di instalasi Ubuntu Anda. Untuk itu sebuah program bernama Ubuntu Tweak akan menangani masalah tsb.

Ubuntu Tweak adalah sebuah alat berbasis GUI dan dapat digunakan untuk mengedit beberapa setting tersembunyi pada instalasi Ubuntu yang sangat mudah digunakan. Dan ini mirip dengan Tweak UI untuk Windows XP.

Dan program Tweak Ubuntu bisa anda download klikdisini

Berikut adalah bagaimana cara menginstalnya :

Masukkan dulu repository ubuntu tweak pada file source.list terminal, ketik :

sudo gedit /etc/apt/sources.list

Dalam file yang tersebut, tambahkan baris berikut di baris kosong paling bawah pada file source.list :

deb http://ppa.launchpad.net/tualatrix/ubuntu gutsy main
deb-src http://ppa.launchpad.net/tualatrix/ubuntu gutsy main

simpan file dengan [ ctrl + x ==> y ==> Enter ], kembali ke terminal, lalu ketik:

sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-tweak

Setelah terinstal, Anda harus melihat 'System Tools' sub menu di Gnome Menu Daftar untuk anda dapat mengakses Ubuntu Tweak.


Buka program, dan anda langsung mendapatkan akses ke banyak mengubah pengaturan tersembunyi. Anda bisa mengubah splash screen dalam satu klik; menghapus item dari Autoplay; menyembunyikan Computer, Home, Jaringan dari ikon di desktop; menyesuaikan jendela aktif, dan banyak lagi.

Selain itu, Ubuntu Tweak juga memungkinkan Anda untuk menonaktifkan beberapa layanan yang lebih tinggi tingkat keamanannya. Misalnya Anda dapat menonaktifkan user switching, printing, menjalankan aplikasi dialog, dll hanya dalam beberapa klik.
Cara Mudah Tweaking Ubuntu Cara Mudah Tweaking Ubuntu Reviewed by Sitakom Blog on 1:58 PM Rating: 5

No comments: